Ka – ‘The Nights Gambit’ [Review]

Ka – Night’s Gambit
Released:
July 13, 2013
Label:
Iron Work
Producer:
Ka

Ka_nightsgambitKa, sesederhana namanya dengan kompleksitas yang tak dimiliki rapper manapun hari ini. Ia pada keseharian, adalah seorang pemadam kebakaran berumur 40an yang punya jejak sejarah di era hiphop mengalami masa keemasannya, namun justru baru hari ini ia hadir sebagai salah satu suara paling penting untuk jawaban dari pertanyaan; dobrakan apa yang bisa ditawarkan hiphop hari ini bagi dirinya dan dunia?. Ka adalah seorang rapper, beatmaker, visualizer dan sekaligus seorang musisi yang menjalankan label rekamannya sendiri. Pada websitenya, pada halaman pembelian albumnya, ia menulis; “Please have patience with your order, I don’t go to the post office everyday”, notifikasi sederhana yang menggambarkan betapa penting menjalankan hasrat kalian dengan kontrol kuat ditangan kalian sendiri.

Pada tahun 2012 lalu saya pernah mendeskripsikan pengalaman mendengarkan album Ka “Grief Pedigree’ yang ia rilis tahun itu, dan nampaknya harus saya ulang sekarang; “Bagi hiphop heads yang mendengarkan Ka akan mirip kasusnya dengan penggemar berat metal kala pertama kali mendengar Khanate”.

Secara musik hampir tidak ada yang berubah, ia memakai formula yang sama ketika ia membuat album fenomenalnya “Grief Pedigree” tahun lalu. Hiphop yang ditelanjangi, dilucuti elemen paling integralnya: beat boombap, namun dengan tekstur, hentakan, aura yang sama dengan mendengarkan diskografi Preemo, Pete Rock dan Buckwild. Ka membuat musik yang kuat mengakar pada hiphop 90an dengan pendekatan yang secara total berbeda, ia mengambil esensi hiphop boombap NY, memeras dan mengambil intisarinya hingga ke elemen paling dasar, mengambil nyawa atmosferiknya dan mempertanyakan secara kritis “Jika tanpa beat kalian bisa membuat lagu hiphop yang luar biasa, maka mengapa harus ada beat?”. Ia menghasilkan musik 90an yang ‘sunyi’, namun dengan efek dan aura yang sama dengan pengalaman kalian besar bersama album Eric B & Rakim, Black Moon atau O.C. Lengkap dengan kesamaan pada BPM, tekstur dan karakter sample.

“The Night’s Gambit” mendisplay skill Ka dalam menghadirkan rima reportase nokturnal yang sangat terhitung, sinematik dengan deskripsi detail yang mencengangkan. Yang membuat album ini lebih baik dari “Grief Pedigree” adalah bagaimana Ka menyempurnakan teknik rapnya, termasuk dalam mengkonstruksi silabel yang secara teknik hanya bisa ditemukan pada Eminem, Kendrick Lamar atau Kool G Rap. Silahkan cek bar maut ini; “In the ‘Ville pumping steel, hunt until we feel full / Home cold as Poconos fill rodent holes with steel wool”.

Suara Ka yang dingin dan tak dibuat-buat menyempurnakan semuanya. Dengan ekspresi lurus hampir tak bernyawa justru Ka mengilustrasikan dengan tepat bagaimana kehidupan malam di daerah yang berbahaya didiami manusia. Dengan flow yang tabah, Ka memberikan cerita tentang penyesalan, rutinitas mortal, konsekuensi yang tak dikehendaki dan kisah kegelapan lainnya yang ia sampaikan dengan kesadaran tinggi akan musiknya yang mega monoton namun kaya akan imajinasi. Contoh sempurnanya ada pada satu track berjudul “Peace Akhi” dimana cara rap Ka nyaris tidak bisa dibilang ngerap, namun kalian tahu betul apa yang ia lakukan jauh lebih baik dari 99% rapper hari ini.

Yang agak istimewa adalah bagaimana Ka memberi tribut pada hiphop gurunya di masa  lampau. Dikonstruksi dengan menggunakan metafor dan kosakata album hiphop klasik seperti; “These pages tell my life in the ‘ville/ Out here raising hell with license to ill/ This raging bull trying to get paid in full/ Going off, not knowing soft gauge to pull/ Runaway Slave, wanted dead or alive”. Ia sampaikan dengan musik yang mendengung, beat berbisik dan membiarkan kemuraman memberikan salutnya pada para pelopor.

Sekali lagi, Ka melakukannya dengan sempurna, dan kali ini dengan jauh lebih baik. Langsung cek saja “Off The Record”, “Our Father” dan “Peace Akhi”. Kalian akan berterima kasih pada saya telah menyelamatkan hidup kalian yang sesat dan membosankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here