Uprock Mixtape Vol.01 – DJ Premier Tribute

Mixtape pertama yang kami kerjakan. Diputuskan memilih topik khusus untuk volume perdana ini. Nampaknya menjatuhkan pilihan pada DJ Premier bukan sesuatu yang diragukan terutama mengingat Premier merupakan DJ/beatmaker favorit kami.

Memang, sound 90-an bukan hanya direpresentasikan oleh melulu Preemo, bahkan jika bicara soal pengaruh, Marley Marl dan Buckwild punya pengaruh lebih luas. Namun nama dan beat maestro Gang Starr ini kadung sudah jadi epitome untuk NY boombap. Berevolusi sejak album Gang Starr pertama, musik Premier memiliki karakter teknik chopping dan chorus-scratching nya yang khas. Meski Marl yang menemukan teknik chop sampling begitu, Preemo lah yang mempopulerkannya bahkan seolah mempatenkannya hingga lahirnya istilah ‘Premier Style’ dalam memproduksi beat.

Ada semacam nilai tersendiri di antara para rapper untuk bisa mengelontorkan verse di atas beat Premier. MC yang tak terlalu hebat sekalipun seolah akan memiliki energi dan kekuatan rima tambahan bila hadir di dalam tracknya. Berusaha setengah mampus menjadi superior. Dari veteran seperti Rakim dan Nas, underground cult seperti Blaq Poet dan Ras Kass hingga MC generasi 2000-aan seperti Pitch Black, Reks dan Soulkast.

Tentu semua track disini adalah pilihan personal saya dan DJ-E. Terlalu luas untuk mencoba merangkum diskografi Preemo dalam mixtape 20 lagu, tapi paling tidak pilihan playlist ini bisa mewakili. Meski kami akui, kami harus menyingkirkan beberapa track penting dalam karir Preemo dikarenakan alasan subjektif tadi. Misalnya saja, kami memilih ‘Who Got Gunz’ dan ‘Battle’ untuk mewakili Gang Starr, bukan ‘Mass Appeal’ atau ‘Manifest’ yang memang track legendaris mereka. Begitu juga dengan ‘New York’ untuk Rakim, bukan ‘When I Be On The Mic’ atau ‘Hate‘ untuk Blaq Poet, bukan ‘Aint Nuttin Changed‘. Namun jangan khawatir, mayoritas sih saya yakin merupakan everyone’s faves. Bagaimana bisa saya memilih track Nas selain ‘NY State of Mind’, atau ‘6th Sense‘ nya Common, atau track ganas Preemo sepanjang masa ‘Rock Star‘ milik Non Phixion? Dosa besar melewatkan lagu-lagu itu.

Oke, cukup pengantarnya. Happy blastin.

(MV)

Download “Uprock Mixtape Vol.1 – DJ Premier Tribute” Here

Tracklist:
01. AZ – The Format
02. Reks – Say Goodnight
03. Gang Starr – Who Got Gunz feat. Fat Joe & M.O.P
04. Rakim – New York (Ya Out There)
05. Nas – NY State of Mind
06. Jeru Tha Damaja – D Original
07. Soulkast – Premiere Salve
08. Blaq Poet – Hate feat. Nore
09. Ras Kass – Goldyn Child
10. Royce Da 5’9″ – Boom
11. Common – 6th Sense
12. Xzibit – What A Mess
13. KRS-One – MCs Act Like They Dont Know
14. Gang Starr – Battle
15. Pitch Black – Its All Real
16. Nas – Represent
17. Non Phixion – Rock Stars
18. Canibus – Golden Terra of Rap
19. Apathy – Stop What Ya Doin’ feat. Celph Titled
20. Reks – 25th Hour

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here