Misteri Sample ‘Shook Ones’ Milik Mobb Deep Terpecahkan

Mobb Deep adalah duo asal Queensbridge, NY; Prodigy dan Havoc. “Shook Ones” adalah track mereka yang dianggap monumental dalam sejarah hiphop, terutama pada era keemasan hiphop, tepatnya di tahun 1995. Dianggap pula sebagai ‘instant classic’ sejak pertama kemunculannya sebagai singel 12″, dan kemudian sebagai bagian dari album “The Infamous”. Track ini bisa dibilangsignature sound– jika bukan blueprint– ala Mobb Deep dalam membuat lagu. Misteri sample apa yang dipakai Havoc dalam lagu ini akhirnya terkuak setelah hampir 16 tahun, setelah seorang beatmaker bernama Bronco melakukan eksperimen sample dari tumpukan PH jadulnya.

mb_hh1

Sebagai pendahuluan, album Mobb Deep era 90an adalah album sample alias sama sekali tak memakai instrumen musik apapun kecuali mesin sampler, tepatnya yang dipakai Havoc adalah Akai MPC-2000 dan ASR-10. Dengan melihat bagaimana proses hook sekian detik tersebut diproduksi, wajar jika sangat sulit menebak sample apa yang dipakai mereka setelah sedemikian rupa mereka rubah suaranya sehingga tak menyerupai aslinya. (dan sangat wajar produser era tersebut tak pernah menyebutkan asal sample mereka mengingat telah diberlakukannya undang-undang hak cipta sample, untuk menghindari membayar royalti atas sample yang dipakai).

Art of Sampling:

Havoc menggunakan sekian detik intro lagu “Jessica” milik Herbie Hancock, dan hanya menggunakan 1 sample, bukan 2 seperti yang umum diprediksi. Ia mengambil bagian piano 4 detik setelah lagu dimulai. Ia masukkan ke dalam MPC dan di chop dalam 2 bagian, bagian pertama ia pitch minus 14 semitones, dan yang kedua minus 9 semitone. Sebenarnya prosesnya akan lebih mudah jika menggunakan versi live dari lagu tersebut dalam album “VSOP”, namun diyakini ia memakai versi 1969 dari album “Fat Albert Rotunda” karena tidak ada teriakan fans dibelakangnya (yang jika di-EQ akan tetap hadir mengganggu).

Setelah di mixing ulang, loop tersebut ditambah sample “Kitty With The Bent Frame” dari Quincy Jones dan ditimpah beat yang diambil dari “Dirty Feet” milik Daly Wilson Big Band. Sekali lagi, tak ada satupun instrumen live. Menakjubkan bagaimana Havoc menyulap sample ini, sehingga wajar jika ia disebut sebagai salah satu beatmaker penting di era nya. Sebagai catatan, saking populernya track ini di era 90-an, sehingga dijadikan instrumental battle oleh Eminem di filmnya, ‘8 Mile’, pada adegan duel final melawan Papa Doc.

 

Cek lagu asli Herbie Hancock nya disini:

dan track ‘Shook Ones’ nya disini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here